Cara Mengikuti Tes MBTI Chemistry, Kenali Kepribadian Seseorang!

MBTI Chemistry

Beberapa orang sering menggunakan tes MBTI chemistry untuk menentukan tipe kepribadiannya, apakah introvert atau ekstrovert.

Selain itu, tes MBTI ini juga akhir-akhir ini dijadikan acuan untuk mengasosiasikan kepribadian seseorang dengan pasangan atau selebriti favorit.

Contohnya adalah tes MBTI chemistry dengan BTS. Pasukan menemukan kepribadian anggota BTS favorit mereka melalui tes ini.

Bahkan, tes NCT Dream 127 juga baru-baru ini diincar oleh NCTZ! untuk mengetahui kepribadian anggota NCT favorit mereka.

Kamu akan melihat bahwa kamu juga memiliki banyak keuntungan dengan Tes Psikologi Indonesia ini.

Tidak hanya itu, kamu akan lebih mengenal diri sendiri, tetapi kamu juga akan dapat lebih memahami kondisi orang-orang di sekitar.

Baca juga: MBTI Chemistry Test, Uji Kecocokanmu dengan Crush!

Tentang Tes MBTI Chemistry

MBTI Chemistry (1)
Result MBTI Chemistry. Source: Cuitantheboys/Twitter.

Kamu mungkin akrab dengan tes yang satu ini. Kamu pasti sudah mengikuti tes kepribadian jenis ini sejak sekolah.

Tes MBTI chemistry atau Myers-Briggs Type Indicator adalah tes kepribadian yang dapat dilakukan secara offline maupun online dengan menjawab beberapa pertanyaan untuk mengetahui tipe kepribadian seseorang.

Soal tes disajikan dalam uraian singkat, yang dapat kamu jawab dengan mengisi kotak jawaban “setuju” dan “tidak setuju”.

Soal-soalnya juga tidak sulit. Biasanya soal-soal dalam tes MBTI berkaitan dengan aktivitas sehari-hari, pertemanan, dan minat yang digunakan untuk mengukur kepribadian.

Namun, hasil tes MBTI tidak 100 persen akurat. Terkadang hasil tes yang Vicigers lakukan hari ini dan dalam beberapa hari bisa berbeda. Itu tergantung pada perasaan dan preferensi selama ujian.

Baca juga: 6 Aplikasi Perekam Layar PC Tanpa Watermark, Mudah Digunakan!

Cara Mengikuti Tes MBTI

MBTI Chemistry (3)
Result MBTI Chemistry. Source: MainMain.ID.

Jika kamu penasaran dan ingin mengikuti tes ini, kamu harus mengikuti tes MBTI 16 Personalities terlebih dahulu. Jangan khawatir, psikotes ini gratis dan tidak memakan waktu lama. 

Cari tahu kepribadian kamu sendiri hanya dalam 10 menit. Adapun cara mengikuti tes MBTI 16Personalities bisa kamu ikuti langkah-langkahnya di bawah ini;

  1. Kunjungi tautan MBTI di sini.
  2. Setelah kamu berada dalam halaman, baca informasi di dalam kotak.
  3. Jika kamu tidak mengerti bahasa Inggris, kamu dapat menggunakan fungsi terjemahan di sebelah kanan dengan mengklik kursor untuk menerjemahkan tes ke dalam bahasa Indonesia.
  4. Jawab setiap pertanyaan dengan jujur, satu per satu. 
  5. Setelah selesai, klik Berikutnya. 
  6. Saat kamu sudah mencapai halaman terakhir, pilih jenis kelamin dari kolom “Jenis Kelamin Anda” >> klik “Berikutnya” untuk melihat hasilnya.
  7. Selesai.

Kamu juga bisa mendapatkan hasil tes MBTI secara instan. Kamu akan menerima informasi tentang kepribadian dalam bentuk statistik seperti gambar di atas.

Jika ingin penjelasan yang lebih lengkap, kamu bisa mengklik tombol “Baca Profil Saya”.

Baca juga: Cara Menggunakan Aplikasi Tantan Biar Cepat Dapat Jodoh

Tipe Kepribadian dan Artinya

MBTI Chemistry (4)
Personality Types. Source: Starland.

Secara umum, seseorang memiliki empat tipe kepribadian. Tipe kepribadian secara tidak langsung membentuk karakter dan kebiasaan seseorang. Tipe kepribadian adalah sebagai berikut;

Introvert dan Ekstrovert

Tipe kepribadian introvert dan ekstrovert bisa dimiliki oleh banyak dari kita. Kepribadian introvert dikenal sebagai pribadi yang cenderung menyendiri, pemikir dan tidak menyukai keramaian.

Energi seseorang di bawah kepribadian introvert adalah ketika mereka bersama diri mereka sendiri. Tidak seperti ekstrovert, teman. 

Tipe ekstrovert suka bersosialisasi dan menjadi pusat perhatian. Energinya ada ketika dia bisa menghabiskan waktu bersama orang lain. Tipe ekstrovert yang bersemangat lebih terlihat daripada tipe lainnya.

Persepsi dan Intuisi

Orang yang termasuk tipe kepribadian sensitif dapat digambarkan sebagai orang yang sangat sensitif.

Dia yang paling sensitif di antara teman-teman lainnya. Bahkan, ia juga dikenal sangat santun dan mau belajar hal baru dengan belajar sambil melakukan.

Pada saat yang sama, tipe intuitif biasanya adalah seorang pemikir. Orang tipe ini dikenal dengan cara berpikirnya yang abstrak, yang seringkali penuh dengan imajinasi dan mengandalkan intuisinya. 

Menilai dan Mempersepsi

Jika kamu memiliki teman yang sangat sulit dirayu, mungkin kepribadiannya adalah Judge. Soalnya, diketahui bahwa penilaian seperti itu kuno. Jika dia memilih A, dia tetap A.

Beda 180 derajat dengan persepsi ya teman-teman. Tipe ini cenderung lebih fleksibel, mudah beradaptasi dan spontan. Dia bisa melakukan apa saja secara tiba-tiba tanpa memikirkannya.

Apakah Vicigers tahu hasil tes MBTI chemistry kamu? Mengetahui kepribadian dapat membantu dalam mengidentifikasi dan memahami diri sendiri dan orang lain dengan lebih baik.

Selain itu, kamu juga bisa “menjodohkan” dengan calon kekasih dan sahabat. Pasti kamu makin melengkapi kesalahan masing-masing, deh. 

Baca juga: 5 Aplikasi Penyadap WA Terbaik 2023, Cocok Buat Kepoin Pasangan

Jangan lupa untuk selalu top up game murah dan cepat hanya di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!