Cara Mengatasi Wifi Indihome Lemot Terampuh 2023

Cara mengatasi wifi Indihome yang lemot

Wifi yang lemot pasti sangat mengganggu segala aktivitas baik itu bekerja, streaming film, maupun bermain game. Semua provider wifi termasuk Indihome sekalipun ternyata pernah mengalami ini. Berikut cara mengatasi wifi indihome lemot.

Sebelum masuk ke caranya, lemotnya wifi bisa terjadi karena beberapa hal seperti cuaca yang buruk, perangkat error, FUP sudah mencapai limit maksimal dan lain sebagainya. Cara di bawah ini akan membantu kamu mengatasinya dengan cepat!

Baca juga: Si Kecil Mungil Wifi Dongle Xiaomi Ini Punya 3 Fungsi Menarik

Cara Mengatasi Wifi Indihome Lemot

Logo Indihome
Logo Indihome. Source: Indihome.co.id

Khusus untuk para pelanggan setia Indihome yang wifinya sering lemot, simak beberapa cara atasi wifi Indihome yang lemot.

Restart Modem Atau Router

Modem Indihome
Modem Indihome. Source: Indihome/Facebook

Cara ini mungkin yang paling umum saat wifi kamu lemot. Router adalah perangkat yang menghubungkan berbagai perangkat ke wifi.

Melakukan restart pada modem atau router bisa menjadi salah satu cara yang ampuh untuk menghilangkan gangguan dan mempercepat internetmu seperti semula.

Membeli Penguat Sinyal

Cara selanjutnya adalah dengan membeli penguat sinyal. Penguat sinyal atau yang disebut juga dengan repeater, terkadang mampu untuk mendongrak kecepatan internet menjadi lebih cepat.

Kamu dapat membeli penguat sinyal di berbagai toko elektronik ataupun toko online untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Sebelum membeli, jangan lupa untuk mengecek review pemakaian dari orang lain ya!

Bersihkan Cache

Membersihkan cache pada browser juga dapat menjadi salah satu solusi mempercepat wifi indihome yang lemot. Cache berisi kegiatan kamu selama browsing. Cache yang penuh yang dapat mempengaruhi kecepatan internetmu.

Batasi Jumlah Pengguna Wifi

Website Indihome
Website Indihome.Source: Indihome.co.id

Salah satu cara ampuh untuk mempercepat wifimu juga adalah dengan membatasi jumlah perangkat yang terhubung ke wifi. Semakin banyak perangkat yang terhubung, maka kecepatan internetmu juga akan berkurang.

Misalnya, kecepatan internet kamu adalah 10 Mbps/s dan ada 10 pengguna yang terhubung ke wifi Indihomemu. Kecepatan internet tersebut akan dibagi sesuai jumlah pengguna yang menyebabkan wifi perorang menjadi lebih lambat.

Gunakan Setting CMD

Untuk mempercepat koneksi internetmu, kamu juga dapat mengatur setting CMD lho! berikut adalah caranya.

  • Buka menu Command Prompt pada laptop atau PC yang terhubung dengan wifi
  • Ketikkan ipconfig di halaman CMD untuk mendapatkan alamat IP kamu
  • Ketikkan Ping 1 atau sesuai jumlah request bandwidth yang kamu inginkan

Ganti Pengaturan QoS

Pada sistem Windows 8 dan diatasnya, membagi bandwith sebanyak 20% untuk keperluan update perangkat dan sisanya untuk pemakaian internet pengguna. Kamu bisa mengalokasikan seluruhnya untuk keperluan internetmu dengan cara dibawah ini.

  • Klik start pada PC atau laptopmu lalu cari menu RUN
  • Ketiklah  gpedit.msc tanpa menggunakan tanda kutip
  • Klik menu Local Computer Policy > Computer Configuration > Administrative Templates
  • Pilih menu Network lalu klik QoS Packet Scheduler
  • Lakukan klik dua kali pada Limit Reservable Bandwith
  • Pilih Enable dan isikan nilai 0 pada limit bandwith.
  • Terakhir tekan apply.
Baca juga: 4 Cara Mengetahui Password WiFi, Main Game Jadi Lebih Lancar!

Upgrade Kecepatan Wifi

cara mengatasi wifi indihome lemot
Daftar Paket Indihome. Source: Indihome.co.id

Cara terakhir yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi wifi indihome lemot adalah dengan melakukan upgrade kecepatan internet.

Kamu dapat mendatangi kantor telkomsel langsung untuk melakukan konsultasi kepada customer service dan memilih paket wifi dengan kecepatan internet yang kamu butuhkan.

Dengan melakukan konsultasi, kamu mungkin juga akan mendapatkan promo atau diskon bagi paket internet yang kamu pilih sehingga dapat menyesuaikan dengan budget yang kamu miliki.

Meskipun agak ribet, cara ini terbukti ampuh mengatasi wifi indihome yang lemot dirumahmu dan mengembalikan aktivitas onlinemu seperti biasa.

Baca juga: Cara Ganti Password Wifi Paling Mudah

Jangan lupa, buat kamu yang ingin Top Up Game dan Berlangganan Produk Digital lainnya bisa langsung ke VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!