Cara Menjual NFT Art Karya Sendiri, Mudah dan Menguntungkan!

NFT Art

NFT adalah aset digital yang mewakili item dari dunia nyata. Contohnya adalah seni, gambar, musik, atau bahkan video yang bisa disebut sebagai NFT Art. File digital ini tidak ada yang dapat menghancurkan atau menggandakannya. Namun, ketika Vicigers membeli NFT, kamu lah yang menjadi satu-satunya pemilik file atau NFT tersebut.

Baru-baru ini, orang mulai mengumpulkan NFT seperti mengumpulkan karya seni biasa dan menjualnya kembali untuk mendapatkan keuntungan. Tergantung pada filenya, seorang seniman bahkan dapat mengumpulkan royalti setiap kali karya seni mereka dijual kembali kepada orang lain.

Mengingat beberapa harga mengejutkan yang dijual oleh NFT, ini adalah kabar baik bagi seniman digital. Jadi, artikel kali ini akan membahas bagaimana cara menjual NFT Art dengan karya sendiri. Yuk simak pembahasannya!

Baca Juga: VCGamers x IndoAltCoin Berikan Edukasi Tentang Metaverse dan NFT

Pilih atau Buat Karya Seni untuk Dijual

NFT Art
NFT Art. Source: 99Designs

Langkah pertama sebagai seniman adalah menciptakan atau menemukan karya seni yang akan Vicigers jual sebagai NFT. Kabar baiknya adalah karya seni yang akan dijual tidak harus baru. Karya seni yang telah dibuat sejak lama juga bisa menjadi NFT Art yang kemudian bisa terjual.

Namun, perlu diingat bahwa karya seni tersebut harus original dan milik Vicigers, bukan milik orang lain atau karya orang lain.

Meskipun Vicigers tidak akan dapat menjual meme yang ditemukan secara online, Vicigers dapat menjual seni digital, lagu, dan karya seni lainnya sebagai NFT Art.

Sebagian besar pasar NFT mendukung jenis file sebagai berikut:

  • JPEG
  • txt
  • PNG
  • MP3
  • GIF
Baca Juga: Binance Jalin Kemitraan NFT Eksklusif dengan Cristiano Ronaldo

Siapkan Dompet Digital

Digital Wallet
Digital Wallet. Source: Chiang Rai Times

Pasar NFT berpusat oleh cryptocurrency seperti Ethereum. Jadi, jika Vicigers tertarik untuk menjual NFT Art sendiri, harus memiliki dompet digital sendiri.

Tidak hanya untuk membayar biaya untuk hosting NFT, tapi jika seseorang membeli karya seni Vicigers, bayarannya akan berupa cryptocurrency melalui dompet digital.

Untungnya, banyak platform yang memungkinkan Vicigers untuk membuat dompet digital, dan banyak dari platform tersebut bekerja dengan pasar NFT.

Misalkan Vicigers tertarik untuk membeli NFT atau menjualnya. Dalam hal ini, banyak dompet digital, seperti Coinbase, memungkinkan Vicigers untuk menyimpan NFT yang Vicigers miliki langsung di dompet digital tersebut untuk bisa melihat koleksinya kapan saja.

Baca Juga: Instagram Mulai Uji Coba Penerapan NFT Minggu Ini

Temukan Pasar NFT Art

NFT Marketplace
OpenSea. Source: Syz Group

Langkah selanjutnya adalah menemukan pasar yang tepat untuk menjual NFT Art. Seperti pembuatan dompet digital, ada lebih dari satu platform untuk dipilih. Namun, satu pasar yang memiliki teknis yang mudah untuk menjual NFT adalah OpenSea.

Sebagai salah satu pasar paling awal, OpenSea jelas sangat terkenal sebagai platform untuk menjual NFT art, dan Vicigers akan menemukan token yang berkisar dari seni digital hingga item dari video game.

Tidak seperti beberapa pasar NFT, pendaftaran untuk menjual NFT art di OpenSea tidak dipungut biaya apapun alias gratis. Terlebih, tidak ada batasan siapa yang bisa menjadi penjual, jadi siapapun bisa menjual karya NFT milik sendiri. Itulah sebabnya OpenSea adalah pilihan pasar yang tepat dan bagus untuk pemula yang ingin mencoba menjual NFT untuk pertama kalinya.

OpenSea juga memiliki proses pencetakan yang mudah untuk membuat seni NFT, jadi tidak perlu mengetahui seputar koding. Tidak perlu khawatir harus membayar biaya mahal untuk menjual NFT atau hosting, karena pada dasarnya penjualan NFT di OpenSea sepenuhnya gratis. Meskipun ada biaya terkait dengan pencetakan dan penjualannya, yang menanggung biaya tersebut bukan penjualnya, namun pembelilah yang akan menanggung biaya tersebut.

Hubungkan Dompet ke Marketplace

Saat melakukan pendaftaran ke sebuah marketplace NFT, platform marketplace tersebut mungkin akan memberikan opsi untuk menghubungkan dompet digital secara langsung. Hal tersebut tentunya bukan langkah yang ingin Vicigers lewatkan, terutama jika ingin melakukan penjualan karya seni sebagai NFT.

Bahkan jika Vicigers sama sekali belum pernah melakukan pendaftaran pada marketplace NFT sebelumnya, sebagian besar platform populer memiliki proses yang mudah untuk memandu cara lengkap pendaftaran dan menghubungkan marketplace dengan dompet digital. Setelah langkah tersebut selesai, selanjutnya adalah mengunggah file digital karya seni di marketplace tersebut.

Unggah Karya Seni menjadi NFT Art

NFT Art
NFT Art. Source: The Times

Setelah persiapan untuk mengunggah karya seni selesai, Vicigers dapat menggunakan tombol “Buat” di pasar NFT yang sesuai untuk menambahkan file digital tersebut ke marketplace NFT. Selama Vicigers menggunakan jenis file yang sesuai dengan ketentuan marketplace NFT tersebut, proses ini hanya akan memakan waktu yang sebentar.

Jangan lupa untuk memberikan judul dan deskripsi tentang karya tersebut. Hal tersebut penting karena sering kali membuat orang lain tertarik untuk melihat dan akhirnya membeli NFT Art yang Vicigers miliki. Tidak hanya itu, orang lain yang melihat NFT art tersebut juga mungkin akan membangun sebuah koneksi dengan mengetahui detail tentang NFT Art tersebut.

Jadi, Vicigers juga harus memberikan judul yang menarik dan berhubungan dengan tema karya seni yang Vicigers buat. Deskripsi juga tidak kalah penting dan harus sedetail mungkin.

Dalam deskripsi, penjual harus memberikan sebuah cerita atau makna dari karya NFT tersebut. Kemungkinan akan lebih banyak penjual yang berminat bila mereka menyukai konsep dari karya seni tersebut. Bila Vicigers menjual NFT yang memiliki tema, mungkin akan membangun sebuah komunitas seperti Bored Ape Yacht Club.

Untuk Vicigers yang ingin melengkapi kebutuhan gaming, kunjungi VC Market by VCGamers yang penuh promo dan harga yang pastinya paling murah.

Artikel Crypto oleh PINTU


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!