Cara Jitu Melacak Nomor HP Pengirim SMS Penipuan dan Spam

Artikel ini kasih tau kamu cara jitu melacak nomor HP pengirim SMS penipuan dan spam. Pakai aplikasi Truecaller, Get Contact, dan lainnya.

Kamu bisa melacak nomor HP pengirm SMS spam atau penipuan dengan beberapa cara mudah. Dengan melacak nomor tersebut, kamu bisa terhindar dari berbagai kerugian yang mungkin ditimbulkan.

Kamu mugkin pernah menerima SMS penipuan dan spam yang kerap mengganggu ketenangan. Biasanya, SMS yang masuk berisi tentang doorprize dan sebagainya.

Nah, kamu perlu memverifikasi nomor ponsel yang mengirimkan pesan ke kamu. Sehingga, kamu tidak terjebak penipuan bahkan hingga mengirimkan data pribadi ke orang yang tidak dikenal.

Bagaimana cara melacak nomor HP pengirim SMS penipuan dan spam? Simak beberapa langkah berikut ini!

Baca juga: Risiko dan Cara Sadap WA Tanpa Ketahuan

Melacak Nomor HP Menggunakan Aplikasi

Melacak Nomor HP
Melacak nomor handphone. Source: YouTube.

Di era digital ini, banyak aplikasi yang bisa membantu kamu mengidentifikasi nomor telepon, termasuk nomor penipu dan spam. Berikut beberapa aplikasinya:

Truecaller

Aplikasi ini cukup populer dan memiliki basis data nomor telepon yang besar dan tersedia di AppStore dan Playstore.

Truecaller dapat mengidentifikasi nomor penipu dan spam, bahkan menampilkan nama dan lokasi pengirimnya. Berikut caranya;

  1. Buka aplikasi Truecaller.
  2. Masukkan nomor telepon kamu.
  3. Verifikasi nomor telepon kamu dengan memasukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS.
  4. Buat nama pengguna dan password untuk akun Truecaller kamu.
  5. Masuk pada pencarian.
  6. Masukkan nomor HP yang ingin kamu lacak di kolom pencarian.
  7. Tekan tombol Cari.
Baca juga: 5 Aplikasi Hacker Terbaik di Android 2022

Get Contact

Aplikasi ini juga ampuh dalam mengidentifikasi nomor telepon. Get Contact menampilkan informasi nama, operator, dan bahkan foto profil pengirim SMS.

Berikut panduan lengkap cara melacak nomor HP menggunakan Get Contact:

  1. Buka aplikasi Get Contact dan pilih “Daftar”.
  2. Masukkan nomor telepon kamu dan verifikasi dengan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS.
  3. Buat profil Get Contact kamu dengan memasukkan nama, foto profil, dan informasi lainnya (opsional).
  4. Tekan ikon pencarian.
  5. Masukkan nomor HP tak dikenal yang ingin kamu lacak.
  6. Tekan “Cari”.

Menghubungi Penyedia Layanan Provider

Melacak Nomor HP
Melacak nomor telepon. Source: YouTube.

Metode ini bisa menjadi pilihan jika kamu ingin melacak nomor HP secara resmi dan akurat. Ya, provider telepon seperti Telkomsel, Indosat, XL, dan Tri menawarkan layanan untuk membantumu memerangi SMS penipuan.

Masing-masing provider memiliki nomor call center yang bisa kamu hubungi. Jelaskan kepada petugas bahwa kamu ingin melaporkan nomor penipu dan berikan rincian informasinya, seperti nomor HP penipu, isi pesan penipuan, dan waktu penerimaan pesan.

Jika kamu ingin melaporkan secara langsung, kamu bisa mengunjungi GraPAR terdekat. Petugas GraPAR akan membantu kamu dalam proses pelaporan dan menindaklanjuti kasusmu.

Dengan melapor ke provider, kamu membantu mereka dalam memerangi SMS penipuan dan melindungi pengguna lain dari modus penipuan yang berbahaya.

Jangan klik tautan di SMS penipuan. Tautan tersebut bisa mengarah ke situs web berbahaya yang dapat mencuri informasi pribadimu atau menginfeksi perangkatmu dengan malware.

Baca juga: Cara Melacak Nomor HP Tanpa Aplikasi, Praktis Banget!

Lacak dengan Google Maps

Melacak Nomor HP
Melacak nomor telepon. Source: YouTube.

Cara ini mungkin tidak selalu memberikan informasi yang akurat, namun bisa menjadi petunjuk awal untuk mengetahui lokasi pengirim pesan. Berikut panduan lengkapnya:

  1. Buka Google Maps di laptop atau komputer. Pastikan kamu sudah login ke akun Google yang terhubung dengan nomor ponselmu.
  2. Klik ikon “Your Timeline” (garis waktu) di sebelah kiri. Timeline ini menunjukkan riwayat lokasi kamu berdasarkan data GPS dan aktivitas Google Maps kamu.
  3. Pilih tanggal dan waktu saat kamu menerima SMS penipuan. Jika kamu ingat waktu persisnya, kamu bisa langsung mencari di timeline.
  4. Cari lokasi yang mencurigakan. Google Maps akan menunjukkan lokasi kamu saat menerima SMS tersebut. Perhatikan apakah ada lokasi yang tidak biasa atau mencurigakan di sekitarmu saat itu.
  5. Klik pada lokasi tersebut untuk melihat detailnya. Kamu bisa melihat alamat lengkap, foto tempat, dan ulasan dari pengguna lain.
  6. Lakukan analisis lebih lanjut. Jika kamu menemukan lokasi yang mencurigakan, kamu bisa mencoba mencari informasi lebih lanjut tentang tempat tersebut di internet.

Meskipun tidak selalu akurat, melacak nomor HP pengirim SMS penipuan dengan Google Maps bisa menjadi cara yang membantu untuk mendapatkan petunjuk awal tentang lokasi pengirim pesan. Ingatlah untuk selalu berhati-hati dan gunakan cara ini dengan bijak.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu kamu dalam melacak nomor HP pengirim SMS penipuan dan spam.

Baca juga: Cara Melacak Lokasi Seseorang dari Google Maps

Bosan dengan top up game yang mahal dan ribet? Yuk, beralih ke VCGamers Marketplace! Di sini, kamu bisa top up game favoritmu dengan harga termurah dan proses yang super cepat.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!