Apa Itu Top Up dalam Game? Begini Penjelasan Lengkapnya

Apa Itu Top Up

Kalian pastinya sudah tahu mengenai apa itu top up terutama dalam bermain game. Nah, di artikel ini kami akan mengulas pengertiannya serta berbagai alasan gamer melakukan top up.

Teknologi yang semakin berkembang membuat industri video game juga turut mengalami perkembangan. Kini, sudah banyak berbagai jenis game yang telah rilis di berbagai platform, mulai dari konsol, PC, sampat smartphone.

Smartphone mungkin jadi salah satu yang paling banyak dimiliki orang dan mereka juga bisa memainkan banyak game juga dengan perangkat tersebut.

Ada banyak jenis game juga yang mulai rilis di perangkat seluler mulai dari sekedar game kasual sampai yang kompetitif. Beberapa game yang kini banyak digandrungi pemain antara lain Mobile Legends, PUBG Mobile, Free Fire, dan lain sebagainya.

Kompatibilitas yang ringan membuat game tersebut ramah untuk perangkat yang spesifikasinya tidak terlalu tinggi alias HP kentang.

Beberapa contoh game tersebut merupakan game berbasis free to play alias kalian secara gratis bisa mengunduhnya di Play Store atau App Store. Meski begitu, kadang-kadang ada fitur atau item tertentu yang mengharuskan kalian untuk membelinya.

Nah, biasanya game seperti itu memiliki semacam Diamond atau alat tukar in-game lainnya yang digunakan untuk menukarkan dengan item yang ada di game. Untuk bisa membelinya, kalian perlu melakukan pengisian uang in-game terlebih dahulu.

Sebagian besar dari kalian pasti sudah familiar apa itu top up karena mungkin kalian juga sering melakukannya. Namun, tidak ada salahnya buat kalian untuk mengetahui lebih lanjut mengenai apa itu top up dalam game.

Baca juga: Top Up ML Gratis Starlight Member Mei 2022, Yuk Ikutan!

Apa Itu Top Up Game?

Apa Itu Top Up
Ilustrasi Top Up Game

Mengetahui apa itu top up memang bukanlah kewajiban yang harus kalian ketahui. Namun sebagai gamer, rasanya ketinggalan kalau tidak tahu arti dari istilah yang sangat familiar itu.

Top up adalah aktifitas gamer yang melakukan pembelian mata uang in-game atau mengisi ulang mata uang in-game untuk kebutuhan transaksi in-game.

Pemain yang melakukan itu nantinya bisa bertransaksi dengan Diamond contohnya untuk membeli item yang eksklusif, skin senjata atau kostum yang keren, dan masih banyak lagi. Jadi, pengisian uang in-gameini jadi salah satu hal penting bagi beberapa gamers untuk menikmati fitur yang tidak tersedia bagi mereka yang tidak melakukannya.

Meskipun begitu, bukan berarti hal itu menjadi sebuah kewajiban bagi tiap pemain karena kalian pun masih bisa memainkan game tersebut seperti biasanya. Hal ini dikarenakan game seperti itu mengusung konsep free to play, bukan pay to play.

Kembali lagi, ada item-item tertentu yang mungkin akan membuat kalian tergoda ingin membelinya sehingga kalian turut melakukan top up.

Baca juga: Cara Top Up Diamond ML Dengan Mudah di Indomaret

Alasan Banyak Gamer Melakukan Top Up

Setelah mengetahui apa itu top up, sekarang kami akan memberikan sejumlah alasan mengapa banyak pemain yang gemar mengisi ulang mata uang in-game tersebut.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, melakukan top up memang memberi keuntungan tersendiri pada pemainnya karena bisa merasakan fitur atau item eksklusif.

Alasan pemain melakukan top up pun beragam, dari hanya yang sekedar ingin beli item tertentu, hingga ikut-ikutan pemain lain takut jadi bahan candaan. Berikut ini adalah alasan pemain melakukan top up.

Beli Item Eksklusif

Alasan pertama gamer melakukan top up mungkin jadi yang paling umum terjadi karena beberapa item eksklusif mengharuskan kalian membelinya. 

Terlebih lagi, jika item tersebut merupakan edisi terbatas dan sulit mendapatinya, maka kalian rela merogoh kocek untuk membelinya.

Tak sampai situ saja, item langka yang limited edition itu ada yang mengharuskan kalian mengikuti event tertentu di samping harus melakukan top up.

Baca juga: Simak! Ini 5 Risiko Top Up FF Ilegal

Beli Royale Pass atau Starlight Member

Apa Itu Top Up
Ilustrasi Starlight Member

Selain karena untuk membeli item in-game yang eksklusif, pada waktu tertentu juga biasanya muncul Royale Pass atau Starlight Member yang akan menggoda kalian. Pasalnya, itu biasanya berisikan berbagai item atau skin yang cukup keren.

Hal itu juga akan membuat kalian bersaing dengan pemain lain untuk segera memilikinya. Item atau skin yang keren itu juga bisa meningkatkan percaya diri saat main.

Kalau sudah begini, mau tidak mau kalian harus melakukan top up yang kemudian digunakan untuk membeli Diamond dan menukarnya dengan Royale Pass atau Starlight Member.

Banyak Uang

Alasan yang satu ini mungkin hanya berlaku buat kalian para pemain sultan yang mungkin tidak tanggung-tanggung dalam melakukan top up. Sebagai pemain yang loyal, mungkin kalian rela membeli item eksklusif berapapun harganya.

Hal ini mungkin jadi satu kelebihan bagi mereka yang punya ekonomi cukup karena dengan mudahnya mereka tinggal top up saja untuk beli item yang diingingkan. Bahkan, bisa saja kalian kalap saat sedang banyak uang dengan membeli berbagai macam item.

Di samping itu, kalian juga mungkin bisa menabung dan menyisihkan uang jajannya jika memang ingin sekali mendapatkan sebuah item. Ketika memang sudah terkumpul cukup banyak, kalian juga bisa membeli item yang mungkin harganya cukup tinggi.

Baca juga: 3 Keuntungan Top Up ML Resmi, Amankan Akun Mobile Legends-mu!

Tak Mau Jadi Bahan Candaan Teman

Alasan banyak gamer melakukan top up yang terakhir ini mungkin sedikit unik karena mereka melakukannya hanya sekedar ikutan tren saja. Dengan kata lain, mereka hanya ikut pemain lain yang melakukan top up.

Hal ini ternyata cukup berpengaruh pada seorang pemain apalagi yang gemar melakukan mabar. Pasalnya, jika ada salah satu pemain skin-nya biasa saja, maka pemain lain bakal menjadikannya bahan candaan.

Meskipun hal itu pastinya tidak terlalu serius, tapi pemain yang jadi sasaran akhirnya bakal tergoda untuk membeli item atau skin agar tak ketinggalan kerennya. Pemain tersebut pun akhirnya melakukan top up.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!