Fakta Menarik Ada Wong, si Gadis Misterius di Resident Evil!

ada wong (1)

Salah satu game besutan Capcom yaitu Resident Evil cukup digemari oleh para pemain, karena pada game ini memiliki cerita, gameplay hingga karakternya yang cukup populer seperti misalnya Leon S. Kennedy, Jill Valentine, Chris Redfield, Ashley Graham, Ethan Winter hingga Ada Wong.

Leon. S Kennedy sebagai karakter utama yang paling di highlight pada seri Resident Evil, ternyata ada karakter perempuan yang cukup menjadi pusat perhatian pemain, sebut saja Ada Wong!

Perlu diketahui bahwa ia bukan karakter protagonis di Resident Evil, sejak kemunculannya di Resident Evil 2 menjadi buah bibir bagi para pemain karena visual dan ke-badass-annya.

Ternyata, karakter satu ini memang pantas menjadi salah satu karakter yang diperbincangkan pemain karena ia sangat menarik sekali, terutama sifat ‘misterius’ yang dimilikinya.

Tak ada seseorang yang percaya padanya di Resident Evil, terkadang ia juga mampu berubah menjadi seorang pengkhianat disana.

Pada artikel kali ini, akan membahas mengenai gadis misterius yang selalu menjadi perbincangan pemain. Simak terus artikel ini hingga selesai untuk mengetahui semua fakta tentangnya!

Baca juga: Simak! Ini 6 Fakta Menarik Leon Resident Evil

Ada Wong

ada wong (3)
(Source: Yahoo Finanzas)

Ada Wong merupakan salah satu karakter perempuan di Resident Evil. Ia kelahiran tahun 1974 dan kini telah berusia 49 tahun.

Pertama kali kemunculannya berada di Resident Evil 2 tahun 1998 dan ia kembali muncul di Resident Evil 4 tahun 2023 ini.

Wanite berkebangsaan Chinese-American ini lahir dari keluarga kaya raya Tionghoa-Vietnam yang berada di distrik Chợ Lớn di Saigon.

Ketika ia berusia tiga tahun, keluarganya telah menjual seluruh harta kepada pedagang untuk pergi ke Amerika Serikat. Namun, nasib malang telah menimpa keluarganya, di mana mereka telah ditipu dan jatuh miskin.

Kisahnya saat ini, ia telah bekerja menjadi operator rahasia sejak tahun 1990 sampaiu sekarang dan pernah menjadi seorang mata-mata perusahaan untuk perusahaan kompetitor yaitu Umbrella Corporation di tahun 1997.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa Ada Wong memang cukup populer. Apalagi di kalangan para pemain Resident Evil.

Kepopulerannya di dunia korporat yang mampu menangani kasus serius, ia telah melakukan hal apapun secara diam-diam dibalik insiden Biohazard.

Selain itu juga ia cukup tanggap dalam mengumpulkan informasi untuk organisasi dan mampu untuk meruntuhkannya.

Akan tetapi dengan sifat kemisteriusannya dan kelicikannya, maka ia memiliki tujuan untuk mengkhianati organisasi dan pelanggan untuk bekerjasama dengannya untuk mencapai tujuan dan keinginannya.

Baca juga: Jill Valentine: Karakter Resident Evil dengan Segudang Fakta Menarik

Fakta Menarik Ada Wong

ada wong (2)
(Source: Deen of Geek)

Bagi kamu yang ingin mengenal Ada Wong lebih dalam, kamu bisa cek fakta menariknya dibawah ini!

Bukan Nama Asli

Seperti yang kita ketahui bahwa nama Ada Wong ini memang sudah terkenal bagi para pemain, namun fakta sebenarnya adalah namanya tersebut bukan nama aslinya lho! Kaget banget kan?

Nah, untuk nama Ada sendiri merupakan seorang mata-mata yang ditugaskan kepadanya untuk menyelidiki Umbrella Corporation. Karena ia bekerja menjadi Spy, maka langkah yang dia ambil adalah ia tak menggunakan nama aslinya.

Perlu diketahui bahwa seperti sifat ‘misterius’nya, nama aslinyapun hingga saat ini belum diketahui secara pasti oleh publik dan mungkin ia memang tidak ingin mengenalkan nama aslinya dia di Resident Evil ini.

Ia tidak bisa menggunakan nama aslinya sebagai Spy atau mata-mata, karena dengan menggunakan nama Ada ia sudah pasti memiliki banyak musuh dimanapun.

Pada Epilog Resident Evil 3, ia sempat mengatakan bahwa ia bukanlah seorang Ada Wong lagi sehingga ia melepaskan nama tersebut.

Hingga saat ini banyak sekali yang berspekulasi mengenai kehidupan keprivasiannya atau nama samaran lain. Akan tetapi, pada kasus lain, ia telah menggunakan nama lain  juga selain Ada Wong.

Namun, hingga saat ini belum diketahui secara pasti mengapa ia selalu berganti nama diseiap kasus dan tidak pernah menggunakan nama aslinya sehingga identitasnya masih misterius hingga saat ini.

Seorang Peneliti Bernama Linda

Sebenarnya, pada pra-produksi Resident Evil 2, Ada Wong akan berperan menjadi seorang peneliti di Umbrella Corporation yang bernama Linda.

Sebagai karakter yang cukup berprestasi dan aktif di Resident Evil, maka pada awalnya ia akan tetap dianggap menjadi seorang peneliti pasif di Umbrella Corporation.

Linda pernah bertemu sekali dengan Leon S. Kennedy pada saat ia mencari vaksin untuk memulihkan salah satu temannya yaitu Marvin Branagh.

Banyak yang berspekulasi bahwa visual wajah Linda dan Ada Wong dirasa cukup berbeda, hanya saja Linda ini merupakan agen spionase.

Tetapi, secara perlahan Linda mulai menghilang dan tergantikan. Ada Wong-lah yang hingga saat ini lebih populer dan merupakan karakter utama.

Relationship Ada Wong dan Leon S. Kennedy

Sebenarnya, hubungan Ada Wong dengan Leon S. Kennedy ini cukup terbilang rumit. Awalnya, hanya sebuah perasaan rasa hormat yang menjalar menjadi tingkat persahabatan. Namun, hubungan keduanya berlanjut menjadi cinta.

Banyak yang menyangka bahwa Leon yang memiliki rasa kepada Ada, akan tetapi itu dibantah dan hanyalah rasa hormat sesama rekan kerja.

Ada pernah menyelamatkan Leon di situasi yang cukup genting. Dia berusaha untuk mempertaruhkan nyawa untuk Leon supaya tetap bertahan hidup.

Pada kasus lain juga, pemain lain juga berpendapat bahwa menyelamatkan Leon merupakan salah satu rencana buruknya dalam menyelesaikan misinya terhadap Leon.

Selain itu juga kebalikannya bahwa Leon juga pernah menyelamatkan Ada. Nah, hal ini bukanlah sebuah perasaan suka, akan tetapi Ada memiliki hutang budi kepada Leon karena telah menyelamatkannya juga.

Bekerja untuk Umbrella Corporation

Sebenarnya, Ada memang bekerja di Umbrella Corporation, akan tetapi hal ini tidak berlangsung lama karena di sana ia hanya mencuri rahasia dari Umbrella Corporation saja.

Bekerja untuk Organisasi Rahasia

Tidak banyak yang mengetahui Ada Wong bekerja di mana, para pemain telah berspekulasi jika ia seringkali berpindah perusahaan atau pekerjaan seperti misalnya ia memang mungkin seorang Freelance.

Namun, ada juga yang mengatakan bahwa ia memang bekerja di perusahaan Umbrella Corporation dan telah bekerja untuk organisasi rahasia yang telah menjadi dari sebuah misi atau operasi rahasia.

Sehingga apabila melihat pekerjaannya sebagai Mata-Mata atau Spy, hal ini mampu membuatnya untuk menyusup kedalam organisasi lain dan mencuri rahasia dari organisasi tersebut.

Hal ini juga sulit dipercaya oleh para pemain, karena tidak mungkin seorang Ada Wong merupakan orang yang jahat dan bekerjasama dengan Connection dari Resident Evil 7.

Bekerja secara Nomaden

Sempat disinggung bahwa Ada Wong merupakan seorang Freelance, di mana ia memang tidak pernah bekerja dalam jangka waktu yang lama untuk organisasi.

Hal ini entah karena alasan pribadinya atau memang tuntutan pekerjaan yang tidak boleh terikat di organisasi, sehingga hal ini juga berpengaruh pada income-nya yang disewa jangka panjang karena pekerjaannya seorang Spy yang dibayar tinggi.

Memiliki Dendam kepada Umbrella Corporation

Walaupun bekerja di Umbrella Corporation, tetapi banyak yang mengatakan bahwa Ada Wong sangat benci dengan Umbrella Corporation, namun hal ini belum dikonfirmasi secara resmi.

Setiap karyawan, misi bahkan pengkhianatan yang direncanakan olehnya pasti selalu saja menimbulkan kerugian untuk Umbrella Corporation ini.

Namun, apabila melihat seluruh kegiatannya selalu melakukan kerugian yang cukup besar untuk Umbrella Corpartion, hal ini juga bentu tentu benar merupakan dendam darinya atau bukan.

Tetapi juga, hal ini bisa dikatakan ada kaitannya dengan orangtua dan masa lalunya sehingga ia melampiaskan dendamnya kepada seluruh tindakannya.

Gebetannya Derek Simmons

Visual Ada Wong jika dilihat memang mampu membuat siapapun jatuh hati, terutama bagi kaum Adam.

Nah, hal ini terjadi pada Derek Simmons yang merupakan seorang Head organisasi The Family dari rival Umbrella Corporation.

Awalnya Derek Simmons merupakan seorang penyewa Ada untuk memata-matai, namun ternyata ia malah jatuh hati kepada Ada Wong karena mampu menyelesaikan seluruh tugasnya dengan cepat.

Sehingga Derek Simmons menjadi tergila-gila kepada Ada Wong dan ketika Ada meninggalkan The Family, Derek menciptakan seseorang yang persis seperti Ada Wong.

Carla Radames Menjadi Ada Wong

Siapa Carla Radames? Ternyata ia merupakan seseorang yang diciptakan dan didesain sangat mirip Ada Wong oleh Derek Simmons.

Derek Simmons mampu mengubah seorang wanita yang bernama Carla Radames untuk menggantikan Ada Wong di The Family.

Pada awalnya juga, Derek Simmons ingin bekerjasama dengan Carla Radames untuk mengembangkan virus, akan tetapi ia malah jatuh cinta juga pada Carla Redemes.

Tetapi, Carla Radames berubah menjadi doppelgänger Ada Wong yang antagonis, ia benar-benar kehilangan kesadaran dan kendali ketika melakukan program Derek Simmons. 

Pernah Bertengkar dengan Leon S. Kennedy

Nah, di ending Resident Evil 2, dari desas-desus yang beredar bahwa Ada Wong ini telah meninggal dunia. Namun, hal ini membuat syok bagi Leon S. Kennedy karena Ada Wong kembali muncul di Resident Evil 4.

Dan yang paling menyeramkan adalah Ada Wong disuruh untuk membunuh Leon oleh atasannya sendiri yaitu Wesker.

Tetapi nyatanya, hal ini tidak bisa dilakukan oleh Ada karena ia malah membantu Leon untuk kabur dan mendapatkan parasit Plaga dominan, disinilah Ada harus berpisah lagi dengan Leon.

Terinspirasi dari Film ‘La Femme Nikita’

Sutradara dan Produser lama yaitu Shinji Mikami telah menemukan inspirasi dari film ‘La Femme Nikita’, ia melihat peran utama disana yaitu Nikita yang dirasa sangat cocok untuk Ada Wong.

Di mana Ada Wong yang kembali ke Resident Evil 4 bisa menyesuaikan diri sebagai Spy di seri ini dengan memakai konsep Nikita.

Hookshot yang Penting di Hidupnya

Kisah Resident Evil tidak pernah diketahui kapan karakternya akan mati, hal ini juga berlaku di Resident Evil2 di mana Ada Wong yang jatuh ke dalam lubang. Apakah dia tetap hidup atau sudah mati? Tidak ada yang tahu hingga saat ini.

Namun, ia telah kembali lagi ke Resident Evil 4 sehingga hal ini menjadi sebuah pertanyaan bagi para pemain, bagaimana ia bisa selamat dari lubang tersebut?

Bahkan ada yang mengatakan bahwa ia telah memanfaatkan hookshotnya untuk menyelamatkan dirinya ketika diambang kematian.

Bertanggungjawab Atas Kematian Presiden Svetlana Belikova

Dalam film Resident Evil: Damnation, ia menjadi buronan dan menyamar menjadi agen Aliansi Penilaian Keamanan Bioterorisme saat menuju ke Republik Slavia Timur.

Hal ini menimbulkan pertentangan dengan Presiden yaitu Svetlana Belikova hingga meninggal.

Memanfaatkan ‘Keromantisan’ untuk Sebuah Keuntungan

Bukan Ada Wong namanya jika tidak pintar dan cerdik, ia mampu memanipulasi keromantisan untuk menguntungankannya dalam situasi apapun.

Ia mampu menggoda John Clemens sebagai Kepala Peneliti di Umbrella Corporation untuk dapat mempercayainya dengan rahasia perusahaan.

Nah, ia pun mendekati Derek Simmons juga untuk mendapatkan informasi rahasia terkait penghancuran Raccoon City.

Baca juga: Ashley Graham: Update Karakter di Resident Evil 4 Remake

Nah, itulah seputar informasi dan fakta-fakta tentang Ada Wong. Gimana pendapatmu tentangnya? Misterius banget bukan?

Jangan lupa untuk Top Up kebutuhan games favoritmu termurah dan cepat hanya di VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!