Kebangkitan Esports di Indonesia: Yuk Kita Lihat Perkembangannya!

Kebangkitan Esports Indonesia

Esports atau electronic sports adalah industri yang sedang mengalami pertumbuhan luar biasa selama beberapa tahun terakhir. Esports mengambil alih dunia layaknya badai, dan Indonesia adalah negara yang banyak terlibat dalam kancah esports. Dengan populasi besar lebih dari 270 juta orang, tidak mengherankan jika Indonesia menjadi salah satu pasar esports dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Pada artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana situasi esports Indonesia berkembang pesat.

Bagaimana Perkembangan Esports di Indonesia Sekarang?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, keberadaan esports di Indonesia saat ini sedang booming dan populer. Selama empat tahun terakhir, eSports di Indonesia terus berkembang dan jutaan penggemar dan pemain masuk ke dalam ranah ini.

Salah satu kontributor utama basis pemain esports Indonesia yang luar biasa adalah negara ini memiliki populasi anak muda yang sangat besar. Populasi yang besar menjadikan Indonesia populasi game yang lebih tinggi dibandingkan negara lain.

Penting juga untuk disebutkan bahwa kemajuan teknologi telah memungkinkan smartphone yang mumpuni menjadi lebih terjangkau oleh masyarakat. Alhasil, banyak masyarakat Indonesia yang bisa membeli smartphone dengan harga terjangkau untuk memainkan game mobile esports.

Pemerintah Indonesia juga menunjukkan dukungan penuh dengan meluncurkan Indonesian Esports Association (IESPA).  IESPA mengelola tim esports Indonesia berskala besar untuk bersaing di turnamen esports internasional seperti ASEAN Games untuk esports.

Baca juga: Siapa yang Mengembangkan Esports di Rocket League

Apa Saja Game Esport Terpopuler di Indonesia?

Di Indonesia, esports mobile sangat besar, tetapi beberapa game esports PC juga termasuk dalam game esports teratas di negara ini.

Game esports mobile yang populer di Indonesia antara lain Mobile Legends: Bang Bang, Free Fire, dan PUBG Mobile.  Komunitas Mobile Legends: Bang Bang di Indonesia sangat besar, dengan jutaan pemain yang memainkan game ini setiap harinya. Demikian pula, banyak penonton dari kalangan anak muda yang suka memainkan game mobile battle royale seperti Free Fire dan PUBG Mobile karena gameplay yang cepat dari kedua game ini.

Kebangkitan Esports Indonesia
Mobile Legends (Source: TVOne)

Untuk game esports PC, Valorant dan Dota 2 sejauh ini menjadi yang paling diminati oleh para penggemar di Indonesia.  Banyak tim esports besar Indonesia, seperti BOOM Esports, Rex Regum Qeon, dan ONIC Esports, mereka telah berinvestasi di tim Dota 2 dan Valorant yang tampil di ajang esports internasional.

Baca juga: Apa itu MPL dalam Mobile Legends? Yuk Simak Disini!

Turnamen Terkemuka Diadakan di Indonesia

Turnamen besar telah banyak diadakan di Indonesia, dengan turnamen yang lebih bergengsi dijadwalkan di masa mendatang.

PUBG Mobile Global Championship 2022 adalah turnamen PUBG Mobile yang memiliki hadiah senilai $4.000.000 yang menampilkan 48 tim dari seluruh dunia.  Turnamen ini memiliki kumpulan hadiah yang sangat besar, dan banyak orang membagikan tips bertaruh esports mereka untuk pertandingan di acara esports.  Grand Final turnamen akbar ini berlangsung di stadion Jakarta International Expo, di mana ribuan penggemar hadir dan menyaksikan pertandingan secara langsung.

Kebangkitan Esports Indonesia
PMGC 2022

Pada tahun 2023, Mobile Legends M4 World Championship diadakan di ibu kota Indonesia, Jakarta. Turnamen ini menyediakan total hadiah sebesar $800.000 dan sukses besar, dengan Mobile Legends: Bang Bang menjadi game esport paling populer di negara ini. 16 tim bertarung habis-habisan selama dua minggu, di mana penggemar dari seluruh dunia dapat mendiskusikan prediksi esports mereka terkait pertandingan tersebut.

Terakhir, turnamen Dota 2 Major, Bali Major, akan diadakan di pulau terindah di Indonesia, Bali. Bali adalah lokasi wisata yang luar biasa, dan para penggemar dapat menyaksikan Bali Major dari tanggal 30 Juni hingga 9 Juli 2023. Turnamen ini akan menyediakan total hadiah sebesar $1.000.000 dan 18 tim terbaik dunia.  Bali Major adalah kesempatan sempurna bagi para penggemar untuk menganalisis prediksi taruhan esports mereka sepanjang turnamen.

Baca juga: Harga DOTA Plus Lengkap dengan Fitur-Fiturnya

Tim dan Pemain Esports Ternama Indonesia

Indonesia telah menghasilkan beberapa tokoh dan tim esports yang terkenal. Beberapa pemain esports Indonesia telah meraih status selebritis di tanah air, dan yang lainnya telah menjadi nama rumah tangga di kompetisi esports internasional.

Di Valorant, duo Indonesia yang terdiri dari Jason “f0rsakeN” Susanto dan Aaron “mindfreak” Leonhart telah mengukir nama besar di kancah Valorant global. Kedua pemain bermain di bawah Paper Rex, di mana mereka menempati posisi kedua di Valorant Champions Tour Stage 2: Masters Copenhagen.

Kebangkitan Esports Indonesia
Tim Paper Rex Valorant

Tiga pemain Dota 2 Indonesia juga berhasil lolos ke turnamen terbesar Dota 2, The International. Saieful “Fbz” Ilham, Matthew “Whitemon” Filemon, dan Kenny “Xepher” Deo adalah tiga pemain Dota 2 Indonesia sukses yang memiliki talenta kelas dunia.

Tim esports Indonesia juga telah menembus kancah internasional, dengan tim seperti BOOM Esports dan EVOS Esports mewakili negara di kompetisi internasional. BOOM Esports menjadi juara pertama dalam turnamen Gamers Galaxy Dubai 2022, sebuah turnamen S-tier yang melibatkan tim Tier 1 Dota 2 dari seluruh dunia.

Baca juga: Jadwal Turnamen Mobile Legends 2023 dari Moonton

Kesimpulan

Kesimpulannya, kancah esports di Indonesia saat ini sedang naik daun, karena kemajuan teknologi telah memudahkan penduduk Indonesia untuk mengakses game esports. Game mobile seperti Mobile Legends: Bang Bang dan PUBG Mobile lazim di negara ini, tetapi game PC, termasuk Dota 2 dan Valorant, juga menonjol. Indonesia telah menemukan banyak kisah sukses di kancah Valorant dan Dota 2, karena para pemain dan tim Indonesia telah mengukir namanya di turnamen global.

Jangan lupa untuk tetap update informasi terkini lainnya mengenai games, teknologi, dan gadget hanya di VCGamers News!

Yuk top up voucher game favoritmu dengan mudah, cepat, dan aman hanya di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!