Simak 6 Fakta Awal Mula Terciptanya Mobile Legend!

Terciptanya Mobile Legend

Inventor MLBB

MLBB (Mobile Legends: Bang Bang) sudah menjadi game online yang banyak dimainkan oleh gamer Indonesia. Banyak karakter hero yang menarik dihadirkan dalam MLBB, di mana masing-masing hero memiliki keunggulan dan keunikannya tersendiri.

Akan tetapi belum semua dari kita mengetahui bagaimana awal mula terciptanya Mobile Legend dan siapa penemu game kesukaan banya orang ini.

Moonton merupakan pencipta dari game ini, dia berasal dari China tepatnya di Shanghai. Moonton sendiri adalah nama tengah dari perusahaan yang didirikan pada tahun 2014 yaitu Shanghai Moonton Technology Co., Ltd. Perusahaan ini berlokasi di Shanghai, China dan berada di bawah pimpinan Justin Yuan.

Terdapat dua developer yang mengembangkan game MLBB ini, yaitu perusahaan Shanghai Moonton Technology Co., Ltd dan perusahaan Shanghai Mulong Network and Technology Co.Ltd.

Berbagai pencapaian dari game MLBB ini sudah diraih meskipun Moonton terhitung masih sangat muda sebagai developer game.

Sejarah Terciptanya Mobile Legend

https://youtu.be/P3u1qESCDyw

Seperti yang sudah disebutkan, permainan MLBB dibentuk dan dikembangkan bukan hanya oleh perusahaan Shanghai Moonton Technology Co., Ltd saja.

Akan tetapi, perusahaan Shanghai Mulong Network and Technology Co.Ltd juga ikut mengembangkan permainan yang satu ini.

Terciptanya Mobile Legends ini pertama kali dirilis pada 2016 dimana pengguna IOS maupun Android dapat memainkan permainan ini dengan gratis.

Sejak awal diluncurkan, MLBB memang khusus untuk perangkat mobile agar semua orang dapat memainkan permainan ini.

Tidak sama dengan permainan MOBA yang lain, di mana untuk memainkan game MOBA yang lain hanya bisa melalui PC.

Perhatian berbagai kalangan mulai dari anak kecil, remaja sampai dewasa berhasil ditarik oleh game satu itu. Hal ini karena kita dapat dengan nyaman memainkan permainan ini dimana saja tanpa harus duduk di depan PC.

Rintangan yang Dihadapi Awal Mula Terciptanya Mobile Legend

Adapun di balik keberhasilan terciptanya Mobile Legends ini, ada banyak kontoversi yang mengikuti. Salah satunya adalah ketika Moonton dituntut dengan tuduhan plagiat oleh salah satu developer game MOBA yaitu permainan PC League of Legend.

Hero dalam MLBB dianggap memiliki kesamaan karakter dengan game milik pengembang game tersebut. Padahal, hak cipta sudah didaftarkan oleh Moonton.

Karakter hero yang dimiliki kedua game MOBA tersebut unik dan berbeda apabila diperhatikan lagi lebih teliti. Selain itu, kontroversi lainnya adalah ketika pengguna Reddit ada yang mengaku kalau dia adalah mantan karyawan Moonton.

“Rahasia” perusahaan dibocorkan oleh akun anonim. Untungnya sekarang postingan tersebut sudah dihapus dan tidak ada lagi.

Walaupun terdapat banyak kontroversi yang beredar, hal tersebut tidak membuat penggemar MLBB berkurang.

Justru banyak penggemar baru berdatangan dan game ini disukai oleh banyak pengguna karena kualitasnya bukan latar belakangnya.

Omset MLBB Setahun

MLBB merupakan game MOBA yang paling terkenal karena jumlah pemain game ini sudah sangat banyak. Sudah lebih dari 25 juta pengguna mengunduh game ini baik di Android maupun IOS. Antusias para gamer yang besar didapatkan oleh game ini sejak launching pertama kali yaitu tahun 2016.

Menurut situs sugartekno.com, keuntungan yang didapatkan Moonton sekitar $500 juta atau 7 Triliun Rupiah. Ini merupakan pendapatan kotor selama beroperasi dan akan berbeda di setiap tahunnya. Karena hampir 36% keuntungan game MLBB meningkat setiap tahun.

Setelah versi 2.9 dikeluarkan oleh Moonton, sebanyak $24.4 juga keuntungan yang mereka dapatkan. Sekitar 60% atau sekitar $301 juta dari total pendapatan disumbangkan dari Kawasan Asia seperti Indonesia dan Malaysia.

Awal Rilis di Indonesia

Game ini pertama kali dirilis untuk Android server Indonesia pada tanggal 11 Juli 2016. Sedangkan untuk IOS dirilis pada tanggal 9 November 2016.

Untuk dapat mencapai titik yang sekarang tidak mudah yang kini mempunyai beberapa turnamen besar seperti M World Championship padahal dulunya hanya permainan biasa.

Jumlah Player MLBB di Indonesia

Pada tahun 2018, Cayayan yang seorang Country Manager Moonton Indonesia berkata bahwa total pemain di Asia Tenggara ada 43 juta pemain dan Indonesia yang paling banyak sekitar lebih dari 50 persennya.

Kalau dihitung dari jumlah yang diungkapkan Cayayan, setidaknya kurang lebih player MLBB yang berasal dari Indonesia sekitar 20 juta orang. Ini data pada tahun 2018, di mana pastinya terdapat kenaikan pengguna setiap tahunnya.

Nah, itu tadi beberapa fakta mengenai terciptanya Mobile Legends. Bercermin dari kisah terciptanya Mobile Legends ini, adapun nilai moral yang perlu kita ambil yakni marilah kita coba berkreasi dan mengembangkan potensi.

Barangkali kita juga dapat menciptakan sesuatu, dibandingkan hanya sebagai pemain mungkin kita juga bisa menjadi penemu.

Baca Juga : Senjata AK47, Akurasi Rendah tapi Damage-nya Pedas!
shopee-super-online-deals-x-vcgamers

 


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

[wpforms id="61130"]