Terlanjur 1 Tim Sama Toxic Player? Simak 3 Best Tips Ini Biar Tetep Menang!

toxic player

Aloha Vicigers! Permainan Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) merupakan permainan MOBA yang dirancang untuk dimainkan melalui smartphone. Permainan ini akan mempertemukan kedua tim dengan tujuan menghancurkan base lawan. 

Mengikuti perkembangan teknologi saat ini, keberadaan para gamers semakin banyak ditemukan, terutama para pemain Mobile Legends Bang Bang, Hal ini memudahkan interaksi antarpemain secara online melalui fitur suara yang ada.

Kemudahan tersebut membuat permainan tim ini lebih kompak dan terarah, ketika rekan satu tim bisa bekerja sama dengan baik dan saling memotivasi untuk meraih kemenangan. Namun, bagaimana bila keadaan sebaliknya, jika rekan satu tim menjadi Toxic Player?

Toxic player sangat familiar dalam dunia permainan online, istilah ini kerap digunakan dan disandingkan kepada player yang mengganggu kenyamanan orang lain untuk kesenangannya sendiri. 

Di antara banyaknya perilaku toxic yang dilakukan oleh pemain game MLBB, coba diperhatikan apakah kalian punya rekan yang bersikap toxic atau mungkin kalian menjadi salah satu di antaranya? Berikut ciri-ciri khas mereka!

Sering Spam Chat

Bagi toxic player, perilaku mengirimkan pesan dengan kata-kata yang memprovokasi menjadi sebuah kesenangan pribadi, mereka bertujuan untuk memecahkan konsentrasi lawan agar terbawa suasana panas.

Pada pelaksanaannya, tidak sedikit juga pemain yang jadi berkata kotor bahkan sampai mengeluarkan kata-kata yang tidak semestinya.

Namun, untuk fitur chat, pihak MLBB sudah membuat sistem yang bisa memfilter kata-kata tidak pantas agar tidak tampil di room chat.

Suka Nge-troll

Ngetroll di dalam Mobile Legends merupakan tindakan jahil dan iseng yang dilakukan oleh pemain yang bertujuan untuk mengganggu konsentrasi lawan.

Pemain yang melakukan troll tidak selalu lawan kalian, terkadang pemain yang ngetroll itu merupakan rekan satu tim kalian sendiri.

Tindakan yang biasa dilakukan itu, build item tidak sesuai sama hero yang dipilih, feeding, tidak ikut war, dan perilaku menyimpang lainnya.

AFK (Away From Keyboard)

Salah satu kebiasaan toxic player yang paling menjengkelkan adalah mereka dengan seenaknya keluar dari permainan.

Hal ini sangat merugikan tim kawan karena perilaku AFK satu orang player dalam suatu tim, mengakibatkan tim yang beranggotakan 4 orang tersebut, harus melawan 5 orang lawan untuk merebut kemenangan.

Potensi kemenangan pada situasi tersebut sangat kecil kemungkinannya. Banyak faktor yang dapat menyebabkan seorang player AFK. Pada umumnya disebabkan oleh buruknya sinyal.

Walaupun hal ini dapat diantisipasi dengan cara menggunakan fitur mengecek stabilitas sinyal di bagian pengaturan Mobile Legends Bang Bang sebelum memulai suatu pertandingan.

Kita pastikan kondisi sinyal dalam keadaan stabil, barulah bisa memutuskan untuk ikut berpartisipasi dalam permainan.

Terus Gimana Tipsnya Biar Tetep Menang?

Sebenarnya masih banyak sih ciri-ciri toxic player yang masih berkeliaran di Mobile Legends Bang Bang, sebagai seorang gamers professional tentu kalian harus ambil sikap buat menghadapi pemain dengan ciri-ciri di atas.

Banyak cara yang bisa dilakukan buat menghadapi toxic player, melawan mereka bukan berarti kalian melayani dengan cara yang sama ya. Berikut saran untuk kalian kalau dipertemukan sama toxic player.

Batasi Fitur Voice/Room Chat

Hal ini adalah cara pertama yang bisa dilakukan ketika menemukan toxic player yang mengganggu kenyamanan bermain kalian yaitu dengan mematikan fitur chat nya itu sendiri, sehingga sarana untuk mengganggu pemain lain menjadi terputus.

Pastinya, kalian bisa fokus untuk berkomunikasi dan menyusun strategi bersama rekan satu tim saja, tanpa harus berbicara kepada lawan atau melihat room chat dari lawan

Tetap Tenang

Selanjutnya adalah bersikap tenang dan tidak menganggap itu sebagai sebuah ancaman, jadi ketika dihadapkan dengan provokasi dari toxic player, kalian bisa membawa suasana damai kepada diri sendiri maupun kepada rekan satu tim.

Kirim Aduan

Pada akhir permainan, pemain diberi kesempatan untuk melaporkan kegiatan-kegiatan yang dianggap melanggar aturan kepada Mobile Legend Bang Bang. Maka, jangan ragu untuk melaporkan apabila ada perilaku yang mengganggu kenyamanan pemain lain.

Bagaimana tanggapan kalian tentang toxic player? Apakah kalian menjadi satu di antara ciri-ciri di atas?

Pada sejatinya, permainan Mobile Legends Bang Bang ini menjadi satu sarana untuk saling komunikasi dan kompetisi antar para pemain, karena basic permainan ini adalah team fight, sudah seharusnya kalian bisa menciptakan permainan yang kondusif, kompetitif namun tetap sportif demi meraih kemenangan.

Keberhasilan team fight pada permainan ini dapat diraih dengan cara menyatukan berbagai perbedaan kepribadian untuk mencapai tujuan yang sama, yaitu kemenangan yang fair.

Baca Juga : Chess TD atau Magic Chess, Kamu Pilih Mana?

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!