Steam Deck Akhirnya Dirilis, Dapat Berbagai Respon Positif

steam deck rilis

Konsol Steam Deck yang ramai dibicarakan beberapa waktu lalu akhirnya dirilis pada Jumat, 25 Februari 2022 lalu.

Konsol yang diproduksi oleh perusahaan game ternama Valve ini diperuntukan untuk bermain semua game yang bisa dimainkan di Steam.

Valve merencanakan perilisan Steam Deck ini direncanakan agar pemain bisa bermain semua game Steam dimana saja, kapan saja karena menjadi konsol portable pertama yang menggunakan basis platform game Steam.

Perilisan Steam Deck

perilisan steam deck 2022
Steam Deck Akhirnya Rilis

Berita mengenai perilisan konsol ini sebenarnya telah cukup lama dibicarakan di kalangan pemain. Rumor terkait Valve akan meluncurkan konsol portable ditunggu antusias oleh pemain dari bulan Mei 2021 lalu.

Mengingat kegagalan Valve sebelumnya dalam merilis Steam Machines dan Steam Controller di masa lalu, pemain berharap proyek Valve ini akan berhasil.

Konfirmasi dilakukan oleh pihak pihak Valve dilakukan beberapa bulan setelahnya. Valve memberi nama konsol portable pc tersebut bernama Steam Deck.

Desain perangkat sebelumnya sering dibandingkan dengan konsol yang harganya sempat melambung naik Nintendo Switch.

Dari desain perangkat memang konsol PC portable ini seperti menggabungkan antara Nintendo Switch, Sega Game Gear, dan Steam Controller.

Rencana awal perilisan semula Desember 2021 diundur hingga akhirnya rilis 25 Februari 2022, Kemunduran tersebut dinilai cukup sesuai dengan hasil yang diberikan oleh performanya yang baik.

Perilisan juga bersamaan dengan mini-game baru dari Valve bernama Apeture Desk Job. Game ini bertempat di virtual world dimana berfungsi untuk memandu pemain mengenai kontrol dan mengenal fitur dari konsol. Kamu bisa tonton trailer disini:

Pemain meskipun belum memiliki Steam Deck juga bisa ikut merasakan bermain Apeture Desk Job dikarenakan juga akan tersedia untuk diunduh oleh siapa saja yang memiliki PC Windows dan controller.

Mini-game ini akan gratis untuk diunduh untuk semua pengguna Steam dan akan tersedia pada 1 Maret 2022.

Sementara itu, di situs Steam, Valve juga telah membuat halaman bernama Great on Deck untuk menampilkan game yang bekerja dengan baik atau diberi lambang “Verified” untuk bisa kamu mainkan di Steam Deck.

Beberapa judul yang patut diperhatikan termasuk Elden Ring, Horizon Zero Dawn, The Witcher 3: Wild Hunt, Stardew Valley, Hades, Terraria, Shadow Warrior 2, dan Persona 4 Golden menjadi beberapa game yang bisa kamu mainkan di Steam Deck.

Baca juga : Akhirnya! Persona 4 Golden Bisa Kamu Mainkan di Steam Deck!

Review dan Spesifikasi Steam Deck

perbandingan Ukuran Steam Deck dan Nintendo Switch
Perbandingan Ukuran Steam Deck dan Nintendo Switch

Pembelian diorganisir oleh pihak Valve sudah memasuki pemesanan tahap pertama. Bagi pemesan harus menyelesaikan pembayaran maksimal 72 jam setelah menerima email terkait pemesanan.

Calon pemesan membatalkan pesanan tersebut dan tidak dikenakan biaya apapun. Rencananya pemesanan tahap selanjutnya akan dibuka minggu depan.

Berbagai respon positif dituliskan oleh berbagai reviewer mengenai konsol PC portable buatan pengembang dan perilis game Dota dan Counter Strike ini.

Berbagai review mengatakan Steam Deck jauh dan sangat lebih baik dari apa yang diperkirakan.
Dibanderol dengan harga mulai dari $399 US Dollar atau sekitar 5 juta Rupiah ini, pengalaman bermain dengan Steam Deck cukup menyenangkan pemain.

Steam Deck dikatakan lebih mirip dengan percampuran antara Playstation Vita dengan Xbox WiiU dengan sistem operasi mirip Linux dibandingkan dengan Nintendo Switch.

Baca juga : Kolaborasi NieR Automata dengan Babylon Fall Hadirkan Event Terbatas!

Desainnya mungkin sedikit lebih besar dibandingkan dengan Nintendo Swtich, namun masih sangat nyaman untuk digunakan.

Dasar dari Steam Deck ini adalah PC sehingga bisa digunakan seperti PC normal, bahkan kamu bisa mengoperasikan Windows jika kamu ingin.

Tentu saja hanya ukurannya saja yang berbeda dan pastinya lebih tahan banting untuk kamu gunakan bermain game yang membutuhkan fps besar. Berikut ini adalah spesfikasi Steam Deck.

Spesifikasi Steam Deck:

  • CPU: Zen 2 4c/8t, 2.4-3.5GHz (up to 448 GFlops FP32)
  • GPU: 8 RDNA 2 CUs, 1.0-1.6GHz (up to 1.6 TFlops FP32)
  • RAM: 16 GB LPDDR5 on-board RAM (5500 MT/s quad 32-bit channels)
  • Memori: 64GB eMMC base, 256GB and 512GB NVMe PCIe Gen 3 SSDs available
  • Ukuran : 11.7″ long x 4.6″ tall x 1.9″ thick
  • Berat : 1.47 pounds = 0,67 kg
  • Layar: 7″ 1280×800 (16:10) 60Hz LCD
  • Audio: 3.5mm stereo jack
  • Battery: 40WHr estimasi ketahanan 2 – 8 jam
  • Video output (docked): up to 4K 120Hz / 8K 60Hz
  • Ports (dock included): microSD card expansion, USB 2.0 and 3.1, HDMI, DisplayPort
  • Connectivity: 2.4GHz / 5GHz Wifi, Bluetooth 5.0
  • Gyro: 2.4GHz / 5GHz Wifi, Bluetooth 5.0

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!