Review Game Guardian Tales for Android, Rumitnya Membebaskan Tuan Putri

Game dengan konsep RPG petualangan banyak disukai para gamers di Indonesia. Terlebih untuk game RPG yang bisa dimainkan di ponsel. Meski sudah banyak game-game sejenis namun Guardian Tales terlihat cukup menarik untuk dimainkan. Game yang satu ini menerapkan desain 8-bit yang unik dan berbeda dari lainnya.

Visual 8-bit

Guardian Tales dikembangkan Kakao Games untuk platform Android. Guardian Tales mengisahkan mengenai prajurit dari kerajaan Kanterbury yang harus menjaga wilayahnya dari serbuan tentara penjajah. Meski format 8-bit sering dikatakan memiliki tampilan grafis jelek akan tetapi hal tersebut tak dijumpai pada Guardian Tales. Grafis 8-bit yang diterapkan mampu menghasilkan tampilan sangat bagus, tak akan melelahkan mata. Penggambaran visualnya warna-warni dengan ditunjang efek transisi begitu smooth. Karakter dan senjata pun disuguhkan dengan cukup bagus.

Alur kisah Menantang

Guardian Tales merupakan game yang menyuguhkan seabrek kisah yang begitu seru sekaligus membuat rasa ingin tahu. Tidak cuma untuk cerita utamanya, selama pemain memainkannya maka akan ada juga beberapa side quest dengan kisah yang berlainan. Pada permulaan game, pemain disajikan petualangan membebaskan tuan putri yang diculik salah satu panglimanya yang berkhianat. Pemain menjadi prajurit yang bertugas mengejar para penculik dan membawa pulang tuan putri.

Ada waktu dimana kondisi begitu genting dan background serta musik pengiring pun menyesuaikan. Lalu tidak jarang, sejumlah scene pun disisipkan adegan lucu yang cukup menghibur. Dan sebagaimana game RPG kebanyakan, pemain dalam Guardian Tales tak disajikan mode campaign semata namun dapat juga menikmati fitur-fitur yang lain yang menantang pula. Misalnya Guild, di sini pemain bergabung dengan pemain lain via online untuk membentuk Guild paling kuat.

Kemudian, disediakan pula mode dungeon yang dapat dijalankan dari menemukan sumber daya yang dibutuhkan. Fitur Arena akan mengajak pemain bertanding PvP melawan pemain lain, lalu pemain bisa menaikkan rank agar menjadi yang paling kuat. Sementara mode pulau dapat diseting untuk membuat simulasi kehidupan baru yaitu membuat bangunan yang dikehendaki.

Gameplay Guardian Tales sebenarnya simpel sebagaimana game hack n slash kebanyakan. Layar perangkat terbagi dua dimana separuh untuk mengendalikan karakter sementara separuhnya lagi untuk menjalankan serangan ketika duel. Guardian Tales mengadopsi mode battle yang cepat, dimana casting skill tinggal memanfaatkan satu tombol saja.

Skill karakter dalam Guardian Tales tergantung dari senjata yang dipakai. Senjata yang dapat diaktifkan bervariasi diantaranya pistol, pedang, maupun staff. Di samping senjata, pemain pun dapat mengaktifkan bermacam macam karakter. Karakter itu bisa didapatkan atau dibeli dengan mata uang Diamond. Karakter pun bisa diperoleh dengan mengerjakan quest. Setiap karakter punya keahlian berlainan antara satu dengan lainnya. Pemain dapat bertanding dalam mode party menjalankan beberapa karakter bersama-sama. Pemain tetap hanya menjalankan satu karakter saja sementara karakter lainnya bertarung secara otomatis sesuai dengan skill serta senjata yang dipakai.

Fitur Kustom Cukup Leluasa

Memainkan game RPG tentunya tak bisa meninggalkan menu kustom baik itu untuk upgrade senjata, mengganti equipment maupun kostum karakter yang banyak sekali pilihannya. Lalu pemain pun dapat meng-upgrade level karakter setingkat demi setingkat mengikuti alur cerita yang telah dikerjakan. Selanjutnya, pemain juga dapat meng-upgrade skill turunan yang dimiliki karakter menggunakan material dan uang yang diperoleh ketika berpetualang. Ketika meng-upgrade skill tersebut, pemain dapat menentukan sendiri stats mana yang hendak ditingkatkan, misalnya kemampuan serangan atau pertahanan.

Bila melihat awal kemunculan game mobile mulai banyak digemari, Guardian Tales boleh dikatakan serupa dengan game Zenonia buatan Gamevil. Tetapi Guardian Tales memang bukan game berseri. Pihak pengembang hanya akan memberikan beberapa update sesuai kebutuhan. Game ini pun memiliki berbagai fitur menarik, sehingga tak berkonsentrasi cuma di alur utama saja yang kemungkinan akan membuat cepat bosan.

Pemain yang mencari game RPG bersensasi unik di perangkat ponsel, pemain harus menjajal game Guardian Tales ini. Formula kisahnya yang rumit, dikombinasikan hadirnya kualitas grafis yang bagus pasti akan membuat para gamer tertarik. Guardian Tales dapat diunduh gratis dari Play Store.

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik, cara top up diamond dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya.

 


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Muhammad Hakum

Seorang pecinta game dan suka menuliskan pengalaman dalam bermain.