Games

5 Penyebab Tidak Bisa Login ML dan Cara Mengatasinya

Published by
Inggit Virgiawan

Banyak pemain Mobile Legends yang tidak tahu kenapa tiba-tiba mereka tidak bisa login ke akun ML. Ketika akan bermain tapi tidak berhasil login, hal tersebut mungkin menjadi momen yang sangat menyebalkan. 

Apalagi jika sudah menyempatkan waktu luang dengan teman-teman tetapi gagal melakukan login game. 

Tahukah kamu ada beberapa faktor yang menyebabkan kenapa kamu tidak bisa login ML? Jika kamu belum mengetahui penyebab gagal login saat bermain Mobile Legends, simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Baca juga: Penjelasan Skill, Tampilan dan Build Tersakit Helcurt Revamp

Penyebab Tidak Bisa Login ML

Setidaknya ada 5 faktor yang menyebabkan kamu tidak bisa masuk ke Mobile Legends. Faktor-faktor tersebut penting untuk kamu ketahui sebelum menerapkan cara untuk mengatasinya. 

Adapun 5 faktor yang menyebabkan kamu tidak bisa login ke Mobile Legends antara lain sebagai berikut: 

Jaringan Internet Tidak Stabil

Jaringan Internet Tidak Stabil. Sumber: Bisnet Home

Penyebab kenapa kamu gagal login saat akan bermain ML adalah koneksi internet di lokasi yang tidak stabil. Pastikan jaringan internet saat akan bermain adalah 4G untuk pengalaman bermain yang maksimal. 

Jika kamu berada di lokasi dengan jaringan E maka proses login game tidak bisa dilakukan. Perlu kamu tahu jika bahwa jaringan 4G bisanya juga tidak bisa digunakan untuk bermain Mobile Legends. 

Jaringan 4G yang biasanya gagal untuk login Mobile Legends adalah saat terjadi hujan deras atau saat mati listrik. 

Ponsel yang tidak Support

Ponsel yang tidak Support. Source: Youtube.

Moonton selaku developer Mobile Legends selalu melakukan pembaruan game secara berkala. Selain perbaikan bug setiap Moonton memperbarui Mobile Legends biasanya ada peningkatan kualitas game. 

Baik dari sisi gameplay maupun tampilan dalam game. Nah, jika ponsel yang kamu gunakan sudah terlalu tua kemungkinan besar kamu sudah tidak bisa lagi mengakses permainan. 

Itu sebabnya ada beberapa pemain yang gagal login ML padahal kondisi sinyal di lokasi bermain baik-baik saja. 

Perlu kamu tahu bahwa setiap pembaruan Mobile Legends punya ukuran data yang semakin besar. Hal itu berdampak pada peningkatan spesifikasi ponsel yang digunakan. 

Tak jarang juga pemain gagal login karena ponsel yang digunakan untuk bermain kekurangan ruang penyimpanan, bukan karena spesifikasi yang terlalu tua. 

Oleh karena itu, lakukan pembersihan file-file tidak berguna pada ponsel. Jangan sampai tidak bisa bermain Mobile Legends hanya karena penyimpanan ponsel penuh.

Server Mengalami Gangguan

Server ML Mengalami Gangguan. Sumber: VCGamers

Gangguan server bisa terjadi saat pihak pengembang memperbarui game. Ketika hal tersebut terjadi biasanya sementara waktu pemain tidak bisa melakukan login game. 

Umumnya developer akan memberikan informasi terlebih dahulu kepada pengguna beberapa hari sebelum proses update atau maintenance dilakukan. 

Ada banyak faktor yang menyebabkan gangguan server seperti lonjakan jumlah pengunjung pada event tertentu atau serangan cyber. Akan tetapi, kenapa kamu tidak bisa login ML yang paling umum karena server sedang diperbaiki. 

Baca juga: Update Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A13 di Tahun 2024

Data Game Rusak

Data Game Rusak. Sumber: VPNoverview.com

Data game rusak atau data corrupt adalah kondisi file game yang rusak sehingga tidak bisa terbaca dengan baik. Permasalahan semacam ini biasanya terjadi saat proses unduh atau instalasi game mengalami gangguan. 

Selain karena faktor tersebut malware atau virus juga menjadi penyebab kerusakan file game. Oleh karena itu, selalu unduh Mobile Legends dari situs resmi seperti App Store atau Play Store.

Cache dan Sampah yang Menumpuk

Cache dan Sampah yang Menumpuk . Sumber: VCGamers

Seperti telah disinggung sebelumnya kegagalan dalam proses login Mobile Legends juga bisa disebabkan oleh ruang penyimpanan yang habis. 

Ruang penyimpanan ponsel yang habis juga bisa disebabkan oleh cache game Mobile Legends yang menumpuk. Cache adalah sampah yang berpotensi menyebabkan performa ponsel kurang maksimal. 

Oleh karena itu kamu harus rajin membersihkan cache aplikasi yang menumpuk. Lakukan hal tersebut setiap akan memulai game Mobile Legends. 

Tujuannya bukan hanya agar bisa login tetapi untuk menghindari ponsel lag saat game berlangsung 

Cara Mengatasi Gagal Login Mobile Legends

Gagal Login MLBB. Sumber: Google Help

Sekarang kamu sudah tahu faktor kenapa kamu tidak bisa login game ML. Pada pembahasan ini kami juga telah mengulas solusi yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi gagal login game Mobile Legends berikut ini: 

Menghapus Cache Game

Menghapus Cache Game. Sumber: VCGamers

Kamu perlu mengingat kalau cache adalah sampah aplikasi yang dapat mengganggu kinerja game. Saat cache yang menumpuk sudah berlebihan, kamu harus segera menghapusnya agar tidak terjadi bug. Jangan khawatir, menghapus cache tidak akan menghilangkan data yang tersimpan dalam aplikasi. 

Baca juga: Cara Memasukan Kode Voucher XL Mudah dan Cepat, Anti Gagal!

Menghubungkan Ponsel dengan WiFi

Menghubungkan Ponsel dengan WiFi. Source: VCGamers

Apabila cache sudah dihapus tapi kamu masih saja gagal login, hubungkan ponsel ke WiFi. Kemungkinan kenapa kamu tidak bisa login ML dikarenakan kondisi jaringan internet yang buruk. Jaringan internet yang buruk menjadi kendala tersendiri pada saat login aplikasi Mobile Legends. 

Mobile Legends adalah permainan online yang membutuhkan koneksi internet untuk mengaksesnya. Selain itu, untuk bermain dengan maksimal Mobile Legends membutuhkan koneksi internet dengan kualitas yang bagus.

Biasanya koneksi internet akan menjadi buruk saat terjadi hujan deras atau saat terjadi pemadaman listrik. Oleh karena itu, hindari bermain game Mobile Legends saat momen tersebut daripada kamu dicap Dark System.  

Memperbarui Aplikasi

App store dan Play store. Sumber: PNGWing

Saat kamu sudah berada dalam kondisi jaringan yang bagus, ponsel terhubung wifi, dan cache aplikasi sudah terhapus tetapi masih gagal login, lakukan pembaruan aplikasi. 

Kemungkinan terbesar aplikasi ML yang ada di ponsel kamu sudah terlalu lama. Sudah terlalu banyak bug yang menumpuk hingga menyebabkan kualitas permainan menurun. 

Nah, memperbarui Mobile Legends akan menghapus bug dan memungkinkan pengguna untuk mengakses konten-konten terbaru yang lebih bagus. 

Memperbarui aplikasi tidak akan menghilangkan data dalam game. Perbarui aplikasi di tempat yang terpercaya seperti Google Play Store atau App Store.  

Menghapus Data dan Menghentikan Aplikasi

Cara membuka aplikasi tersembunyi di HP Vivo. Source: Insomnia Project/Youtube

Jika tiga cara yang ada di daftar ini sudah kamu lakukan tapi proses login masih saja gagal. Kamu bisa menghapus data aplikasi dan memaksa berhenti aplikasi. 

Cara ini mungkin sedikit menyedihkan karena kamu harus rela kehilangan informasi login, file yang tersimpan di ponsel, dan harus memulai aplikasi dari awal.

Solusi terakhir ini bisa kamu lakukan ketika memang sudah terbukti file aplikasi Mobile Legends tidak lengkap saat mengunduh game. Intinya kamu harus melakukan solusi terakhir ini saat tiga cara yang sudah disebutkan tidak ada yang berhasil. 

Setelah menghapus kamu bisa mengunduh lagi game Mobile Legends. Selalu unduh Mobile Legends di aplikasi resmi seperti Play Store dan App Store. 

Demikian ulasan singkat mengenai kenapa kamu tidak bisa login ML dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Baca juga: Update Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A13 di Tahun 2024

Bingung cari tempat Top Up game dan berlangganan produk digital lain dimana? Kunjungi VCGamers Marketplace sekarang juga! 

Inggit Virgiawan