Jadwal Lengkap ESL One Malaysia 2022

ESL One Malaysia

ESL kembali menyelenggarakan turnamen esports besar-besaran, kali ini bernama ESL One Malaysia 2022. Turnamen tersebut merupakan turnamen Dota 2 yang berlokasi di Malaysia, tepatnya di Genting Highlands.

Turnamen ini memiliki 12 tim yang berpartisipasi. Terdapat enam slot bagi tim yang mendapat undangan langsung dan enam slot lagi dari Closed Qualifier, turnamen yang menentukan slot untuk bermain pada ESL One Malaysia 2022 ini.

Seluruh tim yang berpartisipasi akan berlomba untuk mendapatkan total hadiah sebesar $400,000 USD. Prize pool tersebut tentunya tidak sedikit untuk turnamen esports.

ESL One Malaysia akan berlangsung selama enam hari, dari tanggal 23 Agustus hingga 28 Agustus 2022. Bagi Vicigers yang penasaran, yuk simak jadwal lengkap ESL One Malaysia 2022 di bawah ini!

Baca Juga: BOOM Esports Menjadi Juara GAMERS GALAXY Thailand!

Jadwal Pertandingan ESL One Malaysia 2022

Group Stage

Jadwal Lengkap ESL One Malaysia Group Stage
Jadwal Lengkap Group Stage Turnamen ESL One Malaysia. Sumber: Liquipedia

Melihat bahwa turnamen ini memiliki 12 tim, maka terdapat dua grup yang membagi 12 tim tersebut. Grup A dan Grup B memiliki masing-masing enam tim.

Grup A berisikan enam tim yakni Alliance, Entity, Talon Esports, Team Aster, Team Secret, dan Thunder Awaken. Untuk Grup B, terdapat BOOM Esports, Fnatic, Nigma Galaxy, OG, Team Liquid, dan TSM.

Masing-masing tim akan berhadapan dengan tim yang berada di grup yang sama. Jadi, tim yang berada dalam Grup A akan bertemu dengan Grup A selama Group Stage dan begitu pula untuk tim yang ada dalam Grup B.

Group Stage akan berlangsung selama tiga hari, yakni tanggal 23 Agustus hingga 25 Agustus 2022. Setiap pertandingan memiliki format bo2 yang berarti pertandingan bisa menghasilkan seri.

Setelah fase Group Stage, tim yang lolos akan lanjut bermain dalam fase Playoffs. Yuk simak pembahasan mengenai Playoffs di bawah ini!

Baca Juga: Profil Tim BOOM Esport Dota 2, Yuk Kenalan!

Playoffs

Tim ESL One Malaysia
Tim yang Berpartisipasi dalam Turnamen ESL One Malaysia 2022. Sumber: Twitter/@ESLDota2

Tim yang berhasil mendapatkan skor tinggi dan berakhir pada posisi satu dan dua setiap grup akan melanjutkan perjalanan mereka ke fase Playoffs. Tidak hanya itu, dua tim teratas klasemen setiap grup akan mendapatkan slot Upper Bracket.

Upper Bracket bisa menjadi salah satu keuntungan karena tim yang kalah pada Upper Bracket tidak langsung gugur, melainkan akan tetap bermain pada Lower Bracket.

Terdapat empat tim yang akan berakhir pada posisi ketiga dan keempat pada fase Group Stage. Keempat tim tersebut akan tetap lolos ke tahap Playoffs, namun mereka akan berpartisipasi dalam Lower Bracket.

Untuk empat tim yang berakhir pada posisi kelima dan keenam, maka mereka akan gagal lolos ke tahap Playoffs dan perjuangan mereka harus berhenti pada fase Group Stage. Semua pertandingan Playoffs memiliki format bo3.

Playoffs akan dimulai pada tanggal 25 Agustus jam 16:30 WIB. Pertandingan Upper Bracket Semi-Finals akan menjadi pembukaan mulainya fase Playoffs turnamen ESL One Malaysia 2022 ini.

Keesokan harinya, Lower Round 1 atau Lower Bracket akan diselenggarakan, berisikan tim yang lolos dari Group Stage dengan posisi ketiga dan keempat. Bagi tim yang mampu menang dalam fase Playoffs, maka akan terus melanjuti perjuangan mereka ke Upper Bracket dan Lower Bracket Final.

Upper Bracket dan Lower Bracket Final

Penonton ESL One Malaysia
Kemeriahan Penonton dari Trailer ESL One Malaysia. Sumber: ESL One

Pertandingan yang ada pada Upper Bracket dan Lower Bracket Final menjadi ajang yang cukup sengit. Karena, pertandingan tersebut akan menentukan siapa yang akan bertemu di Grand Final.

Bagi tim yang kalah pada Upper Bracket Final, mereka akan punya kesempatan terakhir yakni Lower Bracket Final. Lower Bracket Final merupakan final terakhir dan menentukan siapa yang akan melawan tim pemenang dari Upper Bracket Final.

Upper Bracket Final akan berlangsung pada tanggal 27 Agustus dan Lower Bracket Final akan berlangsung keesokan harinya, yakni tanggal 28 Agustus 2022.

Baca Juga: Simak! Alasan Topson dan Ana Bergabung dengan T1 Dota 2

Grand Final ESL One Malaysia 2022

Piala ESL One
Tampilan Piala Grand Final ESL One. Sumber: Upcomer

Para penggemar esports Dota 2 pastinya menunggu-nunggu pertandingan Grand Final turnamen ini. ESL One Malaysia 2022 akan memiliki Grand Final yang diselenggarakan pada tanggal 28 Agustus, tepat setelah selesainya Lower Bracket Final.

Dua tim akan memperebutkan titel juara dan piala juara satu resmi dari ESL. Belum ada informasi pasti mengenai hadiah untuk juara satu, namun terdapat total hadiah sebesar $400,000 USD. Namun, bila melihat ESL One sebelumnya, Tundra Esports sebagai juara mendapatkan $175,000 USD.

Demikian pembahasan mengenai ESL One Malaysia 2022. Bagi Vicigers yang antusias, jangan lupa saksikan dan dukung tim kesayangan pada turnamen ini!  Untuk keperluan skin Dota 2, kunjungi VC Market by VCGamers.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!