Games

Karlach: Companion Terbaik di Baldurs Gate 3

Published by
Dimas Putra

Karlach merupakan seorang karakter bertipe companion yang bisa kamu pilih untuk diajak berpetualang di seluruh map Baldurs Gate 3. 

Banyak sekali pemain Baldurs Gate 3 yang menjadikan Karlach sebagai companionnya, dikarenakan, ability dan skill yang ia miliki, sangat membantu kita dalam melakukan dungeon raid. Ataupun, ketika diserang musuh secara bersamaan.

Namun, dibalik ketangkasan, serta kekuataannya, ia menyimpan banyak cerita sedih, yang mengakibatkan tumbuhnya kemauan Karlach untuk menjadi yang terkuat.

Hal ini ada hubungannya dengan daerah yang ia tinggali, yaitu Avernus. Dirinya tak pernah merasa bahwa Avernus adalah tempat tinggalnya. Sebaliknya, Karlach merasa Avernus adalah penjara semasa ia hidup.

Bahkan, dirinya berjanji tak akan pernah kembali kesana, dan bertekad untuk menolong siapapun yang mau keluar dari Avernus dengan sekuat tenaga. Hal ini penulis kutip dari sebuah kalimat, ketika Karlach terlibat adu mulut dengan servants of Zariel.

Berikut adalah kutipannya secara lengkap, “Avernus was never my home. It was my prison. I’m free now. And I’m never going back,” pungkas dirinya kala itu.

Nah, dalam artikel kali ini, penulis akan mengajakmu berkenalan dengan Karlach, sang demon creature berhati baik, yang mempunyai segudang kekuatan.

Simak baik-baik artikel berikut agar tak salah kaprah dalam menerima informasi yang akan penulis berikan. Cekidot!

Baca juga: Penjelasan Baldurs Gate 3 Rogue, Pemula Auto Jago!

Mengenal Karlach, Companion Terbaik di Baldurs Gate 3

Karlach the Companion. (Source: Game Rant/Google)

Karlach Cliffgate, kita biasa mengenal sosok ini dengan nama Karlach. Dirinya adalah karakter asli bertipe companion dari jagad game Baldurs Gate 3 yang digambarkan sebagai demon creature, yang diliputi rasa keadilan.

Bagi yang tidak tahu, companion adalah sekelompok NPC yang kita rekrut dengan tujuan untuk membantu kita menjalan misi. Sebagai catatan, kamu tak bisa merekrut semua NPC yang ada, setiap player dibatasi oleh sistem hanya boleh membawa tiga sampai lima orang NPC.

Karlach sendiri merupakan seorang companion bertipe class Barbarian, dengan ras Zariel Tiefling yang berasal dari Avernus. Kamu bisa menemukan dirinya di selatan Risen Road, ataupun di rute Blighted Village.

Nantinya, kamu akan menemui Karlach dalam keadaan terluka, di pinggir sebuah batu besar. Untuk merekrutnya, Vicigers harus terlebih dahulu melakukan interaksi dalam bentuk obrolan dengannya yang sedang terluka.

Selain meminta untuk diobati, dirinya juga akan memintamu untuk menolongnya mengjabisi para penjahat yang menyerangnya. Setelah kamu berhasil mengalahkan keseluruhan penjahat yang ada di sana, kembalilah kepada Karlach, dan laporkan hasilnya.

Ketika kamu sudah sampai di sana, layar PC kalian akan berganti ke cutscene yang menunjukan Karlach sudah masuk menjadi salah satu anggota di tim companionmu.

Rekomendasi Subclass yang Bisa Dipilih

Baldurs Gate 3 Companion. (Source: IGN India/Google)

Karlach sendiri mempunyai kelas Barbarian. Untuk memaksimalkan potensi kelas Barbarian, penulis menyarankan kamu memilih Berseker sebagai subclassnya.

Nantinya kamu akan mendapatkan skill-skill yang sangat cocok dipakai olehnya. Mulai dari Frenzy Strike, Enraged Throw, serta Rage Turns.

Tips dan Trik Memaksimalkan Skill karlach

Fire Bending Companion. (Source: Reddit Baldurs Gate 3 Forum/Google)

Ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan. Diantaranya adalah:

1. Gunakan rage mode secara bijak, agar tak kehabisan tenaga, ketika menemukan lawan yang lebih kuat. Tapi, jangan juga jadi tak menggunakannya sama sekali. Tentukan waktu yang pas, agar rage mode tidak sia-sia

2. Prioritaskan skill melee combat. Jadikan ia sebagai petarung jarak dekat

3. Berikan tambahan potion of speed agar kecepatannya semakin bertambah. Terlebih lagi untuk menghadapi lawan bertipe Assasin yang cepat

4. Targetkan lawan dengan health yang tipis, dalam rangka mendapatkan bonus attack ketika berhasil mengalahkannya.

5. Manfaatkan bonus action yang akan kamu dapatkan setelah berhasil mengeluarkan jurus.

Baca juga: Rekomendasi Game PC Open World Terbaru, Sudah Coba? 

Top up game kesayanganmu hanya di VCGamers Marketplace.

Dimas Putra